BAB 7
PEMASARAN
§ Pengertian Pemasaran
Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditunjukkan untuk merencanakan , menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
§ Penciptaan Faedah Bagi Konsumen
Faedah(utility) adalah suatu produk atau jasa untuk memuaskan kebutuhan. Perusahaan dapat menciptakan lima macam faedah. Ada kelima macam faedah tersebut,kegiatan pemasaran menciptakan empat faedah,yaitu ;
1. Faedah Waktu
2. Faedah tempat
3. Faedah milik
4. Faedah informasi
§ Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan. Konsep pemasaran ini banyak dianut oleh perusahaan modern yang ingin mencapai laba jangka panjjang dengan berorientasi kepada konsumen atau pasar.
§ Pendekatan Studi Pemasaran
Pemasaran dapat dipelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan,yaitu :
· Pendekatan serba fungsi (functional approach)
· Pendekatan serba lembaga (institutional approach)
· Pendekatan serba barang (commodity approach)
· Pendekatan serba manajemen (managerial approach)
· Pendekatan serba sistem (total system approach)
§ Pendekatan serba fungsi
1. Penjualan
2. Pembelian
3. Pengangkutan
4. Penyimpanan
5. Pembelanjaan
6. Penanggungan Risiko
Penanggungan risiko adalah fungsi menghindari dan mengurangi risiko yang berkaitan dengan pemasaran barang.
Macam-macam risiko:
- Risiko yang timbul oleh alam : gempa bumi,banjir dll.
- Risiko yang timbul oleh manusia : kebakaran,pencurian dll
- Risiko yang timbul oleh pasar : merosotnya harga penjualan.
Cara yang ditembuh untuk mengurangi risiko :
- Memperkecil jumlah persediaan barang.
- Dengan mengusahakan fasilitas penyimpanan yang baik dan kuat.
- Dengan mengasuransikan barang-barang yang disimpan.
7. Standarisasi dan Grading
Adapun penentuan standar untuk barang-barang manufaktur :
- Ukuran jumlah (Rim untuk kertas)
- Ukuran kapasitas (1 iter untuk oli)
- Ukuran fisik (4 R untuk ban sepeda motor)
- Ukuran kekuatan (tenaga kuda untuk mesin dan motor)
Grading: usaha menggolong-golongkan barang ke dalam golongan standar kualitas yang telh mendapat pengakuan dunia perdagangan. Cara penggolongannya:
- Memeriksa dan menyortir dengan panca indra
- Memeriksa dan menyortir dengan alat
- Memeriksa dan menyortir melalui contoh barang.
8. Pengumpulan informasi pasar
Dalam fungsi ini termasuk pula penguumpulan dan penafsiran keterangan-keterangan tentang macam barang yang beredar di pasar.
Kedelapan macam fungsi pokok pemasaran tersebut dapat dimasukkan kedalam tiga macam fungsi,yaitu :
1. Fungsi pertukaran, meliputi : pembelian dan penjualan.
2. Fungsi penyediaan fisik, meliputi : pengangkutn dan penyimpanan.
3. Fungsi penunjang, meliputi : pembelanjaan,penanggungan risiko,standarisasi dan grading,serta pengumpulan informasi pasar.
§ Pendekatan Serta Lembaga
Pendekatan serba lembaga ini mempelajari pemasaran dari segi organisasi/lembaga-lembaga yang terlibat dalam kegiatan pemasaran.
§ Pendekatan Serba Barang
Pendekatan serba barang atau disebut juga pendekatan organisasi industri, merupakan suatu pendekatan pada pemasaran yang melibatkan studi tentang bagaimana barang-barang tertentu berpindah dari titik produksi ke konsumen akhir atau konsumen industri.
§ Pendekatan Serba Manajemen
Pendekatan ini mempelajari dan menekankan masalah-masalah pemasaran yang dihadapi oleh produsen sebagai kekurangan dari aspek lain tentang sistem pemasaran.
§ Pendekatan Serba Sistem
Sumber pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran, barang, jasa, ide, orang, dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh, dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya.
STRUKTUR ORGANISASI PEMASARAN
Sebagai salah satu fungsi pokok dalam perusahaan, pemasaran dipegang oleh seorang manajer pemasaran yang kebanyakan bertanggung jawab pada direktur perusahaan.
PASAR
§ Dikemukakan oleh W.J. Stanton, pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk belanja, dan kemauan untuk membelanjakannya.
§ Dari definisi tersebut dapatlah diketahui adanya tiga unsur penting yang terdapat dalam pasar, yakni orang dengan segala keinginannya, daya beli mereka, dan kemauan untuk membelanjakan uangnya.
A. Macam-macam Pasar
Pada pokoknya, pasar dapat dikelompokkan ke dalam 4 golongan, yaitu pasar konsumen, pasar industri, pasar penjualan, dan pasar pemerintah.
B. Segmentasi Pasar
Kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen.
MARKETING MIX DAN PRODUK
· Pengertian Marketing Mix
Marketing mix adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yakni produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi.
· Pengertian Barang
Barang/produk adalah suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba, termasuk bungkus, warna, harga, prestise perusahaan dan pengecer, pelayanan perusahaan dan pengecer, yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhannya.
· Penggolongan Barang menurut Tingkat Pemakaian dan Kekongritan
Penggolongan ini menunjukkan berapa kali sebuah barang dapat digunakan, apakah sekali, dua kali, atau beberapa kali, atau sekian banyak kali.
Sehingga barang-barang dibagi kedalam : barang tahan lama,barang tidak tahan lama dan jasa.
· Penggolongan Barang menurut Tujuan Pemakaiannya oleh si Pemakai
· Barang Konsumsi, adalah barang-barang yang dibeli untuk dikonsumsikan.
· Barang Industri, adalah barang-barang yang dibeli untuk diproses lagi atau kepentingan dalam industri, baik secara langsung atau tidak langsung dipakai proses produksi
· Siklus Kehidupan Barang (Product Life Cycle)
Siklus kehidupan barang ini terdiri atas lima tahap yang berbeda-beda. Masing-masing tahp berada dalam lingkungan pemasaran yang berbeda pula. Tahap tersebut : tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan kejenuhan, serta tahap kemunduran.
· Merk
Merk/brand adalah suatu nama, istilah simbul, atau disain (rancangan), atau kombinasinya yang dimaksudkan untuk memberi tanda pengenal barang atau jasa dari seorang penjual atau sekelompok penjual dan untuk membedakannya dari barang-barang yang dihasilkan oleh pesaing.
SALURAN PEMASARAN
· Pengertian Saluran Distribusi
Saluran distribusi untuk suatu barang adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industri.
· Alternatif Saluran Distribusi untuk Barang Konsumsi dan Barang Industri
Saluran 1 sampai 5 merupakan saluran distribusi untuk barang industri, sedangkan saluran 6 sampai 9 merupakan saluran distribusi untuk barang industri.
· Saluran Distribusi Ganda
Ada beberapa masalah yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan saluran distribusi. Faktor-faktor tersebut antara lain : Jenis barang yang dipasarkan, Produsen yang menghasilkan produknya, Penyalur yang bersedia ikut mengambil bagian, Pasar yang dituju.
· Perantara Saluran
Tentang jumlah dan posisi perantara dalam saluran ini dapat diubah-ubah menurut kebutuhan atau keinginan produsennya.
· Pedagang Besar
Merupakan salah satu lembaga saluran yang penting, terutama untuk menyalurkan barang konsumsi.
· Pengecer
Dalam pemasaran, pengecer (retailer) mempunyai peranan yang penting karena berhubungan secara langsung dengan konsumen akhir.
· Agen
Adapun jenis-jenis agen adalah agen penjualan, agen pembelian, dan agen pengangkutan. Meskipun mereka ini tidak mempunyai hak milik,tetapi mereka ikut secara aktif dalam perdagangan barang yang dihasilkan oleh produsen.
· Jumlah Perantara dalam Saluran
Dalam hal ini, produsen mempunyai tiga alternatif yang dapat ditempuhnya, yaitu : distribusi intensif, distribusi selektif, dan distribusi eksklusif.
· Distribusi Fisik
Pada pokoknya, dua masalah penting yang terdapat dalam kegiatan distribusi fisik ini adalah pengangkutan dan penyimpanan.
PENENTUAN HARGA
· Arti dan Pentingnya Harga
Harga adalah sejumlah uang (ditambahkan beberapa barang kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya.
· Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Harga
Tingkat harga yang terjadi dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti : kondisi perekonomian, penawaran dan permintaan, elastisitas permintaan, persaingan, biaya, tujuan manajer, dan pengawasan pemerintah.
· Metode-metode Penetapa Harga
Ada dua pendekatan pokok dalam pennetuan harga jual, yaitu : pendekatan biaya (penetapan harga biaya plus.Penetapan harga markup, dan penetapan harga breakeven), serta pendekatan pasar atau persaingan.
· Politik Penetapan Harga
Beberapa polotik penetapan harga yang akan dibahas di sini adalah : penetapa harga psikhologis, price lining, potongan harga, penetapan harga geografis.
PROMOSI DAN PERIKLANAN
§ Promosi
Promosi dipandang sebagai arus informasi atau persuasi satu-arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran. Beberapa kegiatan yang ada dalam promosi ini pada umumnya ada empat yaitu : periklanan, personal selling, promosi penjualan, serta publisitas dan hubungan masyarakat.
§ Periklanan
Periklanan adalah komunikasi non-individu, dengan sejumlah biaya, melalui berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan, lembaga non-laba, serta individu-individu. Pihak sponsor berusaha menyebarluaskan berita kepada masyarakat. Berita inilah yang disebut iklan atau advertensi.
1. Tujuan Periklanan
a. Mendukung program personal selling dan kegiatan promosi yang lain.
b. Mencapai orang-orang yang tidak dapat dicapai oleh salesman.
c. Mengadakan hubungan dengan para penyalur
d. Memasuki daerah pemasaran baru atau menarik langganan baru.
2. Jenis periklanan
a. Periklanan barang (product advertising)
b. Periklanan kelembagaan (institusional advertising)
3. Media periklanan
Surat kabar,majalah,radio,televisi,pos langsung.
§ Biro periklanan (advertising agency)
Merupakan lembaga bisnis yang berdiri sendiri, yang mengkhususkan kegiatannya di bidang perencanaan, pengembangan, dan penempatan periklanan bagi langganannya. Sumber penghasilannya berasal dari: komisi media(dari lembaga media) dan ongkos jasa(dari sponsor)untuk disain iklan.
PERSONAL SELLING, PROMOSI PENJUALAN, DAN PUBLISITAS
Personal Selling
Interaksi antar individu, saling bertemu muka ynag ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai, atau mempertahankan hubunganpertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain.
Proses Personal Selling
Persiapan sebelum penjualan=>penentuan lokasi pembeli potensial=>pendekatan pendahuluan=>melakukan penjualan=>pelayanan sesudah penjualan.
Jenis Tugas Penjualan dan Salesman
· Trade selling dan merchandising salesman
· Missionary selling dan detailman
· Technical selling dan sales engineer
· New business selling dan pioneer product salesman
Promosi Penjualan
Promosi penjualan hanya merupakan suatu kegiatan dalam promosi. Dalam promosi penjualan ini peusahaan menggunakan alat-alat seperti:peragaan,pameran,demonstrasi,hadiah,contoh barang,dan sebagainya.
Publisitas
Publisitas ini merupakan salah satu kegiatan promosi yang dilakukan melalui suatu media. Namun informasi yang tercantum tidak berupa iklan tetapi berupa berita. Biasanya, individu atau lembaga yang dipublisitaskan tidak mengeluarkan sejumlah biaya, dan tidak dapat mengawasi pengungkapan beritanya.
0 komentar Blogger 0 Facebook
Posting Komentar