Impian ...
Setiap manusia pasti memiliki impian. Impian merupakan sebuah angan ataupun cita-cita. Dan bagaimana kita bisa menuliskan sebuah impian dalam kekosongan tujuan?! Itu bagaikan menulis di atas air. Karena kita tidak akan pernah tahu , apa yang sebenarnya menjadi tujuan di hidup kita. Jangan pernah mencita-citakan sesuatu jika itu tidak pernah muncul dari dalam diri kita. Hidup yang mengatur adalah diri kita sendiri. Kita bagaikan seorang nahkoda kapal laut yang sedang mengarahkan kapal layar untuk tetap pada busurnya. Setiap langkah yang akan kita ambil , tentu saja akan menimbulkan banyak efek besar untuk jangka panjang di hidup kita. Ambilah langkah yang sesuai dengan tujuan dari hidup kita. Tidak perlu mengikuti orang lain , jika kita ingin mengetahui apa yang sebenarnya menjadi impian kita. Karena sejak kita dilahirkan , kita sudah dipenuhi dengan berbagai impian. Tentu saja impian dari orang tua kita. Perbedaan dalam sesuatu yang menjadi impian kita , adalah hal yang sangat wajar. Karena kita diciptakan untuk adanya sebuah keragaman dimuka bumi ini. Dan tidak semua orang bisa mengerti arti dari sebuah impian untuk sebuah kehidupan. Impian yang bisa saja dikatakan sebagai tujuan hidup , adalah sebuah arah yang menunjukkan kepada kita , kita harus bertingkah laku seperti apa untuk dapat meraih tujuan tersebut. Bukanlah hal yang mudh untuk tetap berada pada arah yang seharusnya. Karena cobaan akan silih berganti datang untuk menggoyahkan keteguhan kita dalam meraih impian tersebut. Berbagai aral melintang akan siap mengubah arah tujuan kita. Terutama lingkungan yang memberikan pengaruh besar terhadap sebuah perubahan.
Lingkungan adalah variabel yang paling cepat mempengaruhi hidup kita. Karena kita diciptakan sebagai mahluk sosial , yang tentu saja akan memerlukan interaksi antara mahluk sosial yang satu dengan yang lain melalui media lingkungan. Semua dapat berubah dengan adanya sebuah tindakan kecil yang kita dapat melalui lingkungan. Jika kita tidak memiliki sebuah pondasi yang kuat untuk menghalaunya , bukan tidak  mungkin kita akan ikut terpengaruh. Seperti sebuah peribahasa , nila setitik akan merubah susu sebelanga.
Banyak efek yang ditimbulkan dari variabel negatif dalam lingkungan. Diantaranya , dapat merubah tutur-bahasa , perilaku , nilai-nilai yang berlaku di masyarakat dalam diri seorang manusia untuk menggapai impian. Untuk sebuah contoh , seorang remaja yang pada awalnya memiliki tekad yang sangat besar untuk meraih masa depan , bisa tersesat ke dalam [ergaulan yang sulit sekali terkontrol. Mengapa hal tersebut bisa terjadi ?! Inilah yang menjadi persoalan , penyebabnya bisa dari keluarga , teman sepergaulan , lingkungan  formal ( kampus , sekolah , dsb). Remaja tersebut menjadi berubah 180derajat. Perubahan ini seperti : berubahnya tutur kata , seperti penggunaan kata “saya”menjadi “gua” , perubahan sikap yang sering berbohong , ingkar janji , tidak tepat waktu , dan banyak tindakan tidak disiplin lainnya yang ditimbulkan. Perubahan k arah hal yang negatif menjadi sangat cepat sekali , karena semua hal yang menjadi pengahalang bagi kita untuk dapat menggapai impian , seakan-akan seperti dipermudah jalannya. Hal tersebut akan selaras , jika kita pada mulanya adalah seorang yang hidup  dengan segala ketidakpatuhan , kemunafikkan , perusak , dsb. Ketika kita ingin berubah menjadi sosok yang lebih baik lagi , tentu saja jalan yang kita akan tempuh menjadi sangat berat dalam mencapai sosok yang seperti kita impikan.
Dan itulah hidup , keras dan butuh perjuangan. Manusia yang sukses adalah manusia yang berhasil mengatasi berbagai cobaan dihidupnya dan berhasil menggenggam apa yang sudah ia impikan sejak dahulu. Karena setiap manusia berhak bermimpi , karena keberhasilan hanyalah milik orang-orang yang berani bermimpi. Buka soal materi , tetapi soal kepuasan batin. Be strong , if you wants to get a big  dream

Karya : Ratna Sari Dewi
Kelas  : 2EB17
NPM  : 25210673

0 komentar Blogger 0 Facebook

Posting Komentar

 
dedew © 2013. All Rights Reserved. Share on Blogger Template Free Download. Powered by Blogger
Top