ETIKA PROFESI
KASUS LEHMAN BROTHERS
1.      Githa Dwi Wulandary      (23210026)
2.      Muhammad Dhiauddin   (24210657)
3.      Ratna Sari Dewi              (25210673)
4.      Sulia Utami                      (26210732)
5.      Tri Astuti                           (29210341)
6.      Wiweko Adityo                (28210567)
4EB17

SEJARAH LEHMAN BROTHERS
Pada  tahun  1844,  Henry  Lehman  seorang  imigran  berkebangsaan  Jerman mendirikan toko kecil yang menjual perlengkapan dan kebutuhan rumah tangga kepada petani kapas di Montgomery, Alabama. 6 tahun kemudian, kedua saudara laki-lakinya, Emanuel dan Mayer, bergabung dengan Henry dan memberi nama Lehman Brothers terhadap  usahanya  tersebut.
Tidak  berapa  lama  setelah  pendiriannya,  arah  usaha Lehman  Brothers  mengalami  evolusi  menjadi  perantara  (broker)  yang  membeli  dan menjual  kapas  kepada  petani  yang  tinggal  di  dan  sekitar  Montgomery.  Alabama. Setelah kematian Henry Lehman pada tahun 1855, Emanuel dan Mayer mengambil alih pimpinan  dalam  Lehman  Brothers  yang  kemudian  dijuluki  sebagai  “King  Cotton”. 
Di bawah kepemimpinan kakak beradik Lehman, King Cotton  mendominasi perekonomian bagian selatan Amerika Serikat pada tahun 1850-an. Seiring   dengan   pertumbuhan   bisnisnya,   kemitraan   singkat   antara   Lehman Brothers  dan  saudagar  kapas  John  Wesley  Durr  terbentuk.  Kemitraan  ini  bertujuan untuk membangun gudang penyimpanan kapas, dan dengan terbentuknya kemitraan ini peluang  Lehman  Brothers  untuk  terlibat  perdagangan  kapas  yang  lebih  luas  sangat terbuka. 
Pada  tahun  1858,  pembukaan  kantor  cabang  New  York  menguatkan  posisi Lehman Brothers dalam perdagangan kapas dan dalam sektor keuangan. Sepak terjang Lehman Brothers terus melaju di jalur perdagangan komoditi kapas. Setelah membenahi perusahaan  yang  sempat  terkena  imbas  perang  saudara,  pada  tahun  1870  Lehman Brothers  memprakarsai  pembentukan  New  York  Cotton  Stock  Exchange,  sebuah lembaga  pertama  yang  memfasilitasi  perdagangan  future  untuk  komoditi,  dan  Mayer Lehman terpilih dalam jajaran Dewan Direksi generasi pertama.
Dalam  tahap  perkembangan  selanjutnya,  Lehman Brothers  mengembangkan cakupan bisnisnya untuk perdagangan komoditi-komoditi lain di luar kapas. Tidak hanya itu, Lehman Brothers juga menyokong pendirian bursa perdagangan kopi dan minyak di Amerika Serikat. Penetrasi Lehman Brothers ke sektor finansial semakin berkembang dengan ditunjuknya perusahaan ini sebagai agen fiskal dari pemerintah Alabama untuk membantu  menjual  obligasi  negara  pada  tahun  1867,  dan  juga  ditugaskan  untuk membantu  pemerintah  Alabama  untuk  menyalurkan  hutang,  pembayaran  bunga  dan obligasi lainnya.
Pada abad ke 19, penjualan obligasi kepada investor perorangan ternyata mampu mengumpulkan banyak dana dan menarik bagi masyarkat. Melihat indikasi ini, Lehman Brothers melakukan pelebaran usaha dari perdagangan  komoditi  ke  perdagangan  instrumen  investasi  dan  pada  tahun  1887, Lehman Brothers berkembang dari perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan komoditi menjadi perusahaan yang bergerak di bidang merchant-banking.
Awal 1906, Philip Lehman,  anak  dari  Emanuel  bersama  dengan  Henry  Goldman  dari  Goldman  Sachs, membentuk aliansi untuk mendanai industri ritel yang berkembang. Kedua perusahaan tersebut   bergabung   melakukan   underwriting   instrumen   investasi   untuk   beberapa perusahaan ritel terkemuka, yaitu: Sears, Roebuck & Co.; F.W. Woolworth Co.
Pada tahun 1930, Lehman mengunderwrite  penawaran umum dari produsen televisi pertama, Du Mont, dan membantu mendanai Radio Corporation of America (RCA). Lehman Brothers juga membantu membiayai industri minyak yang berkembang pesat, termasuk perusahaan Halliburton dan Kerr - McGee. Lehman Brothers juga mengatur akuisisi Digital oleh Compaq.
Robert Lehman meninggal pada tahun 1969 setelah empat puluh empat tahun menjabat sebagai CEO. Setelah kematian Robert, ditambah dengan kurangnya penerus yang jelas dari dalam keluarga perusahaan Lehman mulai dirasakan kesulitan-kesulitan. Pada saat yang sama, Lehman menghadapi tekanan kuat di tengah-tengah lingkungan ekonomi yang sulit pada awal 1970-an. Pada tahun 1972, perusahaan ini menghadapi masa-masa sulit dan pada tahun 1973, Pete Peterson, Chairman dan Chief Executive Officer dari Bell & Howell Corporation, telah dibawa masuk untuk menyelamatkan perusahaan.
Peterson memimpin perusahaan dari kerugian operasi yang signifikan selama lima tahun berturut-turut dan mencatat keuntungan dengan nilai laba diatas ekuitas di antara yang tertinggi di investasi-perbankan industri. Pada awal 1980-an, permusuhan terjadi antara bankir perusahaan investasi dan pedagang.
Pada tahun 1984, Lehman membeli kepemilikan Shearson / American Express, American Express yang berfokus pada investasi perbankan senilai $ 360 juta. Pada 11 Maret 1984, gabungan perusahaan tersebut bernama Shearson Lehman / American Express. ada tahun 1988, Shearson Lehman / American Express dan EF Hutton & Co bergabung sebagai Shearson Lehman Hutton Inc.
Dari tahun 1983 sampai 1990, Peter A. Cohen adalah CEO dan Ketua dari Shearson Lehman Brothers , di mana dia memimpin pembelian satu miliar dolar dari EF Hutton untuk membentuk Shearson Lehman Hutton. Selama periode itu, Shearson Lehman sangat agresif dalam meningkatkan  margin keuntungan dalam bisnis dan bersaing seperti perusahaan Drexel Burnham Lambert.
Pada tahun 1993, di bawah CEO baru yang baru diangkat, Harvey Golub, American Express mulai untuk melepaskan diri dari operasi perbankan dan broker. Pada tahun 2001, perusahaan memperoleh layanan klien swasta, atau "PCS", bisnis Cowen & Co dan kemudian, pada tahun 2003, agresif kembali memasuki bisnis pengelolaan aset, yang telah dihentikan sejak tahun 1989. Dimulai dari  $ 2 miliar, perusahaan memperoleh Crossroads Group, divisi pendapatan tetap Lincoln Capital Management dan Neuberger Berman. Bisnis ini bersama dengan bisnis PCS dan ekuitas Lehman , terdiri dari Divisi Manajemen Investasi, yang menghasilkan sekitar $ 3.1 milyar dalam pendapatan bersih dan hampir $ 800 juta pada pendapatan sebelum pajak pada tahun 2007.  Sebelum bangkrut, asset yang dikelola Lehman mencapai $ 275 miliar. Secara keseluruhan, sejak go public pada tahun 1994, perusahaan telah meningkatkan pendapatan bersih lebih dari 600% dari $ 2.73 miliar menjadi $ 19.2 milyar dan telah meningkatkan jumlah tenaga kerja menjadi 230% yaitu dari 8500 menjadi 26.800 pekerja.

MASA KEJAYAAN LEHMAN BROTHERS
Ekspansi usaha Lehman brothers terus berlanjut. Awal hingga pertengahan abad ke 20 merupakan era pertumbuhan pesat industri minyak. Lehman Brothers yang selalu berusaha  untuk  mengikuti  perkembangan  industri-industri  di  Amerika  Serikat,  mulai merambah ke sektor ini. Beberapa emiten yang mereka sponsori, antara lain: Murphy Oil, Trans Canada, Halliburton dan Kerr-McGee. Dari  industri  minyak,  Lehman  Bothers  terus  mencari  sektor-sektor  baru  dalam perekonomian Amerika Serikat. Pada tahun 1950an, Lehman Brothers melirik industry teknologi terutama perusahaan penghasil elektronik dan komputer, yang pada waktu itu menjadi  pendorong  utama  pertumbuhan  ekonomi  Amerika  Serikat,  dan  perusahaan yang mereka mereka sokong adalah Digital Equipment Corporation dan Hertz Rent-a-Car.
Tahun   1960   juga   terjadi   peristiwa   penting   dalam   perkembangan   Lehman Brothers. Pada tahun tersebut, Lehman Brothers diberikan kepercayaan untuk menjadi penyalur  surat  hutang  Negara  berkat  sepak  terjangnya  di  sektor  pasar  modal.  Di samping itu, peristiwa penting lainnya adalah pada tahun yang sama, Lehman Brothers membuka kantor cabang internasional pertamanya di Paris. Reputasi Lehman Brothers semakin   meningkat   setelah   pada   tahun   1962,   bersama-sama   dengan   Salomon Brothers, Merrill Lynch, dan Blyth and Company membentuk asosiasi yang diberi nama “Fearsome Foursome” yang menjadi kompetitor tangguh bagi perusahaan-perusahaan underwriter   lain.   Ekspansi   internasional   Lehman   Brothers   berlanjut   ke   London. Perusahaan ini menjadi salah satu dari bank investasi Amerika Serikat yang membuka cabangnya di kota tersebut.
Pada Oktober 2001, Lehman membeli 32 hektar, 1.050.000 kaki persegi (98.000 m2) bangunan kantor dengan nilai $ 700 juta. Bangunan, yang terletak di Seventh Avenue 745, berdekatan dengan kantor Morgan Stanley,terletak hanya dua blok di 1585 Broadway. Lehman menempatkan lebih dari 10.000 karyawan di kawasan Times Square New York City. 
Pada tahun 2003, Lehman Brothers adalah salah satu dari sepuluh perusahaan yang secara bersamaan masuk ke dalam penyelesaian dengan Securities and Exchange  Commission (SEC), Kantor Negara Bagian New York Jaksa Agung dan berbagai regulator sekuritas lainnya, tentang pengaruh yang tak pantas atas masing-masing perusahaan riset analis oleh divisi perbankan investasi. Secara khusus, regulator menyatakan bahwa perusahaan itu tidak layak kompensasi analis terkait dengan perusahaan investasi-pendapatan perbankan, dan berjanji menguntungkan, riset pasar bergerak cakupan, sebagai imbalan atas kesempatan underwriting.
Dalam acara ALB China Law Awards tahun 2008, Lehman Brothers mendapat penghargaan :
* Deal of the Year - Pasar Utang Deal of the Year
* Deal of the Year - Pasar Ekuitas Deal of the Year
FAKTOR PENDUKUNG KERUNTUHAN LEHMAN BROTHERS
Persaingan Internal
Pada   tanggal  3   Juli  2008  mengindikasikan  bahwa  kondisi  internal perusahaan menjadi  salah  satu penyebab  kejatuhan  Lehman  Brothers. Pada masa itu, dua kubu dalam Lehman Brothers, yaitu kubu trading yang terdiri dari para trader dan  dipimpin  oleh  Lew  Glucksman  dan  kubu  banking  yang  dipimpin  oleh  Steve Schwarzman dan Pete Peterson. Perbedaan pandangan mengenai strategi yang tepat untuk membesarkan Lehman Brotehrs menjadi dasar dari pertentangan di antara kedua kubu tersebut. Kubu Lew Glucksman melihat bahwa strategi yang tepat untuk Lehman Brothers adalah dengan memfokuskan pada arah usaha perdagangan dan underwriting surat-surat berharga. Sedangkan, kubu banking menginginkan agar Lehman Brothers menggunakan kapitalnya secara agresif untuk jenis usaha yang lebih berisiko, namun lebih menguntungkan. Persaingan  antara  kedua  kubu  tersebut  akhirnya  “dimenangkan”  oleh  kubu trading dan Richard Fuld, salah seorang pengikut kubu trading, ditunjuk sebagai CEO dari Lehman Brothers. Namun, di bawah kepemimpinan Richard Fuld, langkah Lehman Brothers  justru  malah mengikuti strategi yang  diusung oleh kubu banking,  yang  dulu menjadi kubu pesaingnya.
Krisis Subprime mortgage
Pada Agustus 2007, perusahaan menutup pemberi pinjaman subprime, BNC Mortgage, dengan menghapus piutang 1.200 posisi di 23 lokasi, dan mengambil biaya setelah pajak sebesar $ 25 juta dan yang $ 27 juta pengurangan dengan niat baik. Lehman mengatakan bahwa kondisi pasar buruk di ruang hipotek "mengharuskan adanya pengurangan substansial dalam sumber daya dan kapasitas dalam ruang subprime".
Pada tahun 2008, Lehman menghadapi kerugian yang belum pernah terjadi sebelumnya yang masih terus berlangsungnya krisis subprime mortgage.Lehman kehilangan itu tampaknya akibat setelah memegang pada posisi(surat hutang) besar di subprime. Dalam setiap peristiwa, kerugian besar diperoleh di bawah-rated mortgage-backed securities selama tahun 2008. Pada kuartal fiskal kedua, Lehman melaporkan kerugian sebesar $ 2,8 milyar dan dipaksa untuk menjual $ 6 miliar assetnya. Pada paruh pertama tahun 2008 saja, saham Lehman turun 73% dari nilai pasar. Pada Agustus 2008, Lehman melaporkan bahwa pihaknya telah memberhentikan 6% dari tenaga kerja, 1.500 orang, pada kuartal ketiga batas waktu pelaporan pada bulan September.
Pada tanggal 22 Agustus 2008, saham di Lehman ditutup naik 5% (16% untuk satu minggu) karena adanya spekulasi Korea Development Bank sedang mempertimbangkan membeli Lehman Bro. Pada 9 September, saham Lehman merosot 45% menjadi $ 7,79, setelah perusahaan Korsel tersebut membatalkan perjanjian untuk membeli. Tanggal 17 September 2008, Swiss Re memperkirakan keseluruhan rugi Lehman Brothers mencapai CHF 50 juta.
Kepercayaan investor terus turun karena saham Lehman kehilangan kira-kira setengah nilainya dan mendorong S & P 500 turun 3,4% pada 9 September. Dow Jones kehilangan 300 poin hari yang sama karena investor merasa khawatir akan keamanan bank. Pemerintah AS tidak mengumumkan rencana apapun untuk membantu dengan segala kemungkinan yang muncul krisis keuangan di Lehman.
Keesokan harinya, Lehman mengumumkan kerugian $ 3,9 miliar dan niat mereka untuk menjual saham mayoritas dalam manajemen investasi-usaha, termasuk Neuberger Berman. Saham turun tujuh persen hari itu. Lehman, setelah sebelumnya menolak pertanyaan soal penjualan perusahaan, dilaporkan mencari pembeli lagi, dan akibatnya harga saham turun lagi 40 persen pada 11 September 2008.
Tepat sebelum runtuhnya Lehman Brothers, eksekutif di Neuberger Berman mengirim e-mail yang berisi bahwa Lehman Brothers 'atas orang-orang melupakan multi-juta dolar bonus untuk "mengirim pesan kuat untuk tidak melalaikan tanggung jawab terhadap karyawan dan investor. Direktur Manajemen Investasi Lehman Brothers George Herbert Walker IV dan meminta maaf ke public.
KRONOLOGIS KEBANGKRUTAN LEHMAN BROTHERS
Pada hari Senin, 13 September 2008, Timothy F. Geithner, presiden Federal Reserve Bank of New York mengadakan rapat mengenai masa depan Lehman, termasuk kemungkinan untuk melikuidasi asetnya. Lehman melaporkan bahwa telah melakukan pembicaraan dengan Bank of America dan Barclays untuk membeli Lehman, tapi keduanya menolak.
Saham Lehman jatuh lebih dari 90% pada tanggal 15 September 2008. Dow Jones ditutup turun 500 poin pada 15 September 2008, yang merupakan penurunan terbesar dalam satu hari, sejak serangan pada 11 September 2001.
Di Inggris, kantor Lehman Brother diakuisisi oleh PricewaterhouseCoopers. Di Jepang, cabang Jepang, Lehman Brothers Japan Inc, dan perusahaan holding terkait dinyatakan bangkut oleh pengadilan sipil pada 16 September 2008, di pengadilan Kabupaten Tokyo.
Pada tanggal 17 September 2008,  account dan nama Lehman Brothers dihapuskan dalam daftar perdagangan di New York Stock Exchange. Paulus Brough, Edward Middleton, dan Patrick Cowley dari KPMG cina menjadi likuidator sementara terhadap Lehman untuk dua unit perusahaan Lehman berbasis di Hong Kong, yaitu Lehman Brothers Securities Asia Limited dan Lehman Brothers Futures Asia Limited. Mereka juga ditunjuk sebagai likuidator sementara perusahaan Lehman Brothers Hong Kong yaitu Lehman Brothers Asia Holdings Limited, Lehman Brothers Asia Limited dan Lehman Brothers Commercial Corporation Asia Limited pada tanggal 18 September 2008.
DAMPAK DARI KEBANGKRUTAN LEHMAN BROTHERS
Secara  garis  besar,  bangkrutnya  Lehman  Brothers  memiliki  dampak  langsung dan  tidak  langsung  bagi  perekonomian  domestik  Amerika  Serikat,  serta  dampak langsung dan tidak langsung terhadap perekonomian lain di dunia. Dampak langsung dari  kejatuhan  Lehman  Brothers  terhadap  perekonomian  Amerika  Serikat   adalah hilangnya kepercayaan investor terhadap perekonomian Amerika yang mengakibatkan penarikan  dana  mereka  dari  pasar  modal.  Krisis Subprime Mortgage yang berakibat pada kejatuhan  Lehman  Brothers,  meyurutkan  ketersediaan  likuiditas  di  pasar  modal  dan berdampak   pada   kesulitan   pencarian   sumber   dana   bagi   perusahaan   yang   ingin melakukan ekspansi atau pengembangan. Tidak hanya itu, perusahaan yang memiliki aset obligasi ataupun surat-surat berharga lainnya akan mengalami penurunan nilai asset akibat  penurunan  harga  saham  dan  obligasi  secara  keseluruhan.  Jadi,  bukan  hanya tidak  bisa  melakukan  pengembangan,  namun  perusahaan  tersebut  juga  mengalami kerugian  yang  berdampak  pada  penghematan  operasional,  termasuk  pengurangan jumlah  tenaga  kerja,  dengan  demikian  kinerja  sektor  ril  pun  ikut  terganggu.  Inilah dampak  tidak  langsung  dari  kejatuhan  Lehman  Brothers  yang  mempercepat  dan memperburuk krisis di Amerika Serikat.
Tidak berhenti di perekonomian Negara adi daya, Amerika Serikat, kebangkrutan Lehman   Brothers   juga   merambah   ke   Negara-negara   lain. Dampak langsung pengumuman kebangkrutan Lehman Brothers terlihat dari penurunan indeks saham  gabungan  di  beberapa  bursa  efek,  baik  bursa  efek  yang  memperdagangkan saham  Lehman  Brothers  maupun  tidak.  Kemudian,  efek  langsung  lainnya  adalah bertambahnya angka pengangguran di beberapa negara akibat ditutupnya perusahaan tersebut. Kurang lebih 25.000 pegawai Lehman Brothers di berbagai Negara terancam tidak  memiliki  pekerjaan. Jatuhnya  kepercayaan  para  investor  terhadap  kinerja  pasar  modal  Amerika Serikat   yang   selama   ini   menjadi  indikator   bagi   kinerja   bursa   efek   internasional, memperkuat aksi penarikan modal dari bursa efek di berbagai negara.



KESIMPULAN
1.      Perbedaan pandangan mengenai strategi yang tepat untuk membesarkan Lehman Brotehrs menjadi dasar dari pertentangan di antara kedua kubu tersebut. Kedua kubu tersebut yaitu; kubu trading dan kubu banking. Dimana kubu trading sebagai pemenang persaingan justru  malah mengikuti strategi yang  diusung oleh kubu banking,  yang  dulu menjadi kubu pesaingnya.
2.      Subprime Mortgage berbeda dengan bentuk kredit perumahan tradisional. Indvidu yang dijadikan pangsa pasar Subprime Mortgage adalah individu yang sebenarnya tidak memiliki kemampuan dalam transaksi kredit. Produk kredit Subprime dianggap sebagai investasi yang menguntungkan karena dapat memberikan return yang tinggi kepada para investor. Terlebih lagi dengan adanya CDS (Credit Default Swap), yaitu sebuah asuransi yang menjamin apabila terjadi kegagalan pembayaran.
3.      Manuver investasi Lehman Brothers di sektor properti akhirnya berakibat buruk pada kelangsungan usaha dari perusahaan yang pada tahun 1970 memiliki peran dalam mempopulerkan instrumen investasi perumahan. Lehman Brothers menginvestasikan  2 milliar Dollar AS kepada Sun Cal Co., pihak pengembang perumahan sektor prime yang bernama  Mc  Allister  Ranch. Ketika  terjadi  penurunan  harga  dan  permintaan  akan properti di Amerika Serikat, nilai nominal aset yang dimiliki oleh Lehman Brothers pun mengalami  penurunan  dan  menjadi  semakin  tidak  cair.  Akumulasi   aset   tidak   likuid   dan   penurunan   drastis   pertumbuhan   sector perumahan,  menekan  nilai  nominal  aset  likuid  perusahaan  yang  sempat  dianggap sebagai  “mesin  ATM”  bagi  usaha  real  estate.  Kondisi  likuiditas  Lehman  Brothers kembali   mendapatkan   pukulan   ketika   perusahaan   tersebut   harus   membayarkan sejumlah  kerugian  akibat  kejatuhan  sektor  Subprime  kepada  lembaga-lembaga  yang terlibat perjanjian CDS.
4.      Di Inggris, kantor Lehman Brother diakuisisi oleh PricewaterhouseCoopers. Di Jepang, cabang Jepang, Lehman Brothers Japan Inc, dan perusahaan holding terkait dinyatakan bangkrut oleh pengadilan sipil pada 16 September 2008, di pengadilan Kabupaten Tokyo.
5.      Pada tanggal 17 September 2008,  account dan nama Lehman Brothers dihapuskan dalam daftar perdagangan di New York Stock Exchange.
6.      Paulus Brough, Edward Middleton, dan Patrick Cowley dari KPMG cina menjadi likuidator sementara terhadap Lehman untuk dua unit perusahaan Lehman berbasis di Hong Kong, yaitu Lehman Brothers Securities Asia Limited dan Lehman Brothers Futures Asia Limited.
7.      Barclays mengumumkan perjanjian untuk membeli divisi perbankan investasi dan perdagangan Lehman di Amerika Utara bersama gedung kantor pusatnya di New York tergantung persetujuan regulasi. Tanggal 20 September 2008, versi revisi perjanjian yang disetujui oleh Hakim James M. Peck dariPengadilan Kepailitan AS.
8.      Selanjutnya, Nomura Holdings mengumumkan bahwa mereka akan membeli cabang Lehman Brothers di kawasan Asia-Pasifik, termasuk Jepang, Hong Kong dan Australia, termasuk operasi perbankan investasi dan saham Lehman Brothers di Eropa dan Timur Tengah. Persetujuan ini diberlakukan pada 13 Oktober 2008.







0 komentar Blogger 0 Facebook

Posting Komentar

 
dedew © 2013. All Rights Reserved. Share on Blogger Template Free Download. Powered by Blogger
Top